Kunjungan dan Dialog Wakil Menteri Pertanian RI bersama Bupati Serang di BP3K Cikeusal

hujan menyambut

hujan menyambutselamat datang

Dr.Rusman Heriawan

terimakasih

terimakasih

dialog Hujan deras,  saat kedatangan Wakil Menteri Pertanian RI didampingi Bupati Serang H.Taufik Nuriman di BP3K Cikeusal, “Hujan ini artinya berkah, jangan takut hujan, asal tidak banjir,” Semoga hujan hari ini bisa membawa berkah bagi kemajuan pertanian di Kabupaten Serang, sambut Dr. Rusman Heriawan, Wakil Menteri Pertanian, mengawali dialognya dengan petani dan penyuluh pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 di halaman kantor BP3K Cikeusal. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan tentang “tantangan Pembangunan Pertanian yang semakin berat, mengingat adanya alih fungsi lahan dari sawah ke fungsi lain, tanpa intervensi Pemerintah maka akan dikepung dengan kepentingan-kepentingan jangka pendek yang lain, selanjutnya beliau mengemukakan juga tentang 4 Program Sukses Pembangunan Pertanian, ” yaitu :

 1. Swasembada dan Swasembada Berkelanjutan untuk menghasilkan pangan, khususnya beras tanpa impor;

2. Mengurangi konsumsi beras/diversifikasi pangan, diperlukan kembali kearifan lokal sehingga tidak ada ketergantungan terhadap beras;

3. Membuat produk pertanian menjadi berkualitas, sehingga mempunyai nilai tambah, sebagai contoh agribisnis hortikultura, seperti bunga dan sayuran;

4. Mengarahkan pada kesejahteraan petani melalui pendekatan produksi, produktivitas dan menuju pada tingkat kesejahteraan.

“Untuk mendukung 4 sukses program pembangunan pertanian ini peranan Penyuluh sangat perlu ditingkatkan dibarengi dengan perhatian yang kuat dari pihak pemerintah daerah masing-masing baik Kabupaten dan Provinsi, sehingga tahun 2012 akan dicanangkan menjadi Tahun Kebangkitan Penyuluh”. Demikian harapan bapak Rusman Heriawan.

Dialog yang semakin menarik terus berlanjut  di ruangan gedung BP3K, mengingat hujan bertambah deras, meskipun demikian kearifan dan bersahajanya bapak Wakil Menteri dan bapak Bupati menjadi penyemangat bagi teman-teman Penyuluh untuk mengikuti acara dialog dengan sangat antusias. Dipimpin oleh Bapak Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, akhirnya setelah cukup puas mendapatkan jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan,menyimpulkan hasil dialog sebagai berikut :

  1. Pemerintah Pusat dalam waktu dekat akan menyediakan Soil Tester bagi kepentingan petani di Kabupaten Serang;
  2. Pemerintah akan terus memperhatikan kesejahteraan petani dan penyuluh;
  3. Tidak ada kewajiban pengadaan 1 desa 1 Penyuluh, mengingat keterbatasan tenaga Penyuluh, maka diprioritaskan dulu bagi desa-desa yang potensial, khususnya di sektor Pertanian;
  4. Tenaga THL-TBPP yang ada sekarang, supaya bisa meningkatkan peran sertanya dan membantu peranan tenaga Penyuluh PNS yang terbatas;
  5. Tidak ada jaminan bahwa THL-TBPP akan menjadi PNS, tapi akan tetap diperhatikan keberadaannya;
  6. Kenaikan tunjangan bagi Penyuluh, baik dari tingkat Pusat, Provinsi maupun dari Kabupaten sangat diharapkan;
  7. Terpenuhinya tunjangan 12 bulan bagi THL-TBPP dengan sinergi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten;
  8. Terealisasinya tunjangan fungsional penyuluh pertanian pada tahun yang akan datang (2013).

Demikianlah ringkasan dialog yang berlangsung dengan cukup menarik dan menghasilkan komitmen-komitmen yang dapat meningkatkan kinerja penyelenggaraan penyuluhan pertanian di Kabupaten Serang.

        Pada kesempatan itu juga, dalam sambutannya Bupati Kabupaten Serang berharap agar “Kabupaten Serang tetap melanjutkan swasembada beras yang telah dicapai tahun kemarin walaupun kondisi iklim tidak menentu, adanya kendala alih fungsi lahan pertanian serta fungsi air”. Beliau mengajak semua pihak khususnya penyuluh pertanian untuk meningkatkan kinerjanya untuk mencapai swasembada dan swasembada berkelanjutan.

Diantara tamu yang hadir yaitu tampak Perwakilan Bank Dunia Mr. Fabrizio Bresciani sebagai Task Team Leader Program FEATI; Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Dr.lr. Momon Rusmono, MS; Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, perwakilan dari akademisi, perwakilan dari Komisi Penyuluhan, perwakilan dari segenap Asosiasi Pertanian yang ada di Kabupaten Serang, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) baik Penyuluh PNS, THL-TBPP maupun Penyuluh Swadaya, Kontak Tani, Gabungan Kelompok Tani dan Kelompok Tani.

Pada kesempatan yang baik ini, Mr. Fabrizio Bresciani juga menyatakan rasa senang dan bahagia bisa berkunjung ke BP3K Cikeusal, apalagi disambut dengan guyuran hujan yang menambah rasa sejuk, beliau berpesan tentang “perlunya penyampaian  teknologi dan informasi ke petani yang lebih efektif, dengan  didampingi oleh penyuluh, sehingga dampak yang diharapkan dari suatu program dapat tercapai”.

Kemeriahan acara hari itu juga berkat peran serta dan partisipasi dari berbagai instansi dan swasta yang membuka stand-stand dengan menampilkan produk-produk unggulannya antara lain : stand dari BPTP, BP3K Petir, Pontang, Cikeusal, Bandung, Carenang, Tirtayasa, Tanara, GunungSari, Ciruas, Baros dan perusahaan Bayer.

Acara yang membawa angin segar bagi para Penyuluh dan petani itu diakhiri dengan jamuan makan siang bersama yang cukup akrab, dan diakhiri dengan kunjungan ke stand-stand pameran.

Semoga kunjungan dan dialog dengan bapak wakil Menteri Pertanian RI bersama bapak Bupati Serang menambah semangat dan kinerja para Penyuluh, terima kasih kepada bapak Rusman Heriawan dan bapak H.Taufik Nuriman beserta jajarannya, semoga hari itu menjadi awal bagi suksesnya penyelenggaraan penyuluhan pertanian di Kabupaten Serang pada khususnya dan bagi pembangunan pertanian di Indonesia pada umumnya.

Pada kesempatan terakhir, setelah acara ditutup ternyata bapak Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, masih berkenan memberikan kesempatan dan waktu kepada para Penyuluh untuk berdialog dari hati ke hati di tenda halaman BP3K Cikeusal dalam suasana hangat dan penuh keakraban, terimakasih pak Momon, atas perhatian dan pengertian yang mendalam kepada kami. Semoga, dialog ini dapat menjadi motivasi yang besar untuk meningkatkan kinerja kita. Amin.

Demikianlah kunjungan dari Wakil Menteri Pertanian RI hari itu ditutup dengan penuh keceriaan dan kegembiraan semua pihak, khususnya oleh tuan rumah dari BP3K Cikeusal. Selamat dan Sukses.

By: Retno-Serang

10 responses to “Kunjungan dan Dialog Wakil Menteri Pertanian RI bersama Bupati Serang di BP3K Cikeusal

  1. Hidup penyuluh pertanian kab serang, hidup penyuluh Banten, banggalah jadi penyuluh pertanian Indonesia, mari kita tingkatkan profesionalisme dg kerja kongkrit dengan para pelaku utama, mari kita tutup rapat2 celah yang menyudutkan penyuluh dengan kinerja, terimakasih pa Wamentan dengan penuh kesehajaan tapi memberi semangat bagi para penyuluh untuk bangkit lebih baik, terimakasih pak Kapusluh kementan bpk Dr.Ir Momon Rusmono, MS tahun 2012 jadi kebangkitan penyuluh indonesia, terimakasih world bank telah bantu petani indonesia melalui program FEATI/P3TIP lanjutkan ke semua prov dan kab, semoga semua memberi berkah

  2. Kami, keluarga besar BP2KP Kab. Serang cukup bangga mempunyai pimpinan daerah, Bapak Bupati Serang, H. Ahmad Taufik Nuriman yang begitu perhatian dalam menerima Kunjungan Kerja Wakll Menteri Pertanian RI dan Tim Leader FEATI dari Bank Dunia ke Kabupaten Serang.
    Mulai dari memberikan arahan persiapan penerimaan, mengundang para pejabat /Pimpinan SKPD terkait di Pemkab Serang dan kesediaannya ntuk menerimanya secara langsung- sekalipun agenda beliau saat itu cukup padat, belum lagi hari itu merupakan ‘hari keluarga Pa Bupati.
    Dalam acara ‘coofee morning di Pendopo Pemkab Serang, terlihat wajah-wajah ceria nan ramah dan hangat dengan penuh keakraban, kebersamaan dan harapan menyambut kenyataan dari hikmah kunjungan kerja ini.
    Tepat Pukul 09.30 Rombongan Wamentan RI dari Jakarta didampingi Bupati Serang dengan Rombongan Pejabat Pemkab Serang menuju lokasi peninjuan lapangan, yaitu di Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan/BP3 Kecamatan Cikeusal. Peninjauan lapangan, area demplot-kaji terap sekitar BP3K, mengunjungi gelar produk hasil petani dan Acara Penyambutan’Penerimaan dari Bupati Serang sampai dengan sambutan Pengarahan dari Wamentan RI dan Mr.Fabrizio, tim leader FEATi/ Bank Dunia berjalan cukup lancar, bersemangat dan berkesan bagi semuanya yang hadir, terutama insan-insan pertanian ( petani, PPL dll).Dialog umum berkisar pembangunan pertanian dipandu Kepala Distanaka Propinsi Banten, Agus Tauchid dengan pengantar laporan juga disampaikan oleh Plh. Kepala BP2KP Kabupaten Serang. Drs. Epi Supriyatna. Cukup meewakili yang mengisi dialog tsb. dengan penuh bersemangat usulan,masukan, harapan dikemukakan oleh perwakilan petani, poktan/gapoktan, UP FMA, KTNA, Penyuluh, THL TBPP bahkan dari Komisi Penyuluhan Kab. Serang.Begitu juga jawaban, tanggapan, arahan dengan penuh optimis disampaikan oleh Wamentan RI, Mr. Fabrizio, Pa Bupati bahkan termasuk Kepala Distanak Propinsi Banten.
    Akhir Kunker Wamentan RI dilanjukan kembali dengan melihat gelar produk petani’hasil pertanian maupun hasil olahannya, bahkan rombongan dari Jakarta dan Pemkab Serang banyak juga yang nge-‘borong hasil pertanian sebagai oleh-oleh.
    Dengan disertai doa semoga lancar dan selamat, Rombongan Wamentan RI dari Jakarta itupun dilepas untuk kembali ke Jakarta.
    Sekilas Kunker Wamentan RI ke Kab. Serang ini tentunya memberikan catatan pengalaman berharga bagi kita semua, yang tentunya juga Optimisme ‘asa kita terus terjaga dengan peningkatan pengabdian dan peningkatan kinerja kita. Yang pada akhirnya 4 SUKSES PEMB. PERTANIAN dapat terwujud, wabilkhusus di Kab. Serang, Banten. SEMOGA…meraih hikmah dibalik kunker wamentan RI

    • Semoga Kunjungan Kerja Bapak Wamentan RI ke BP3K Cikeusal merupakan wujud Perhatian Pemerintah Pusat kepada Penyuluh dan Penyuluhan …….

      • BP3K Cikande, betul sekali, diperlukan kunjungan semacam ini untuk memberi semangat dan dukungan kepada Penyuluh sebagai salah satu wujud perhatian Pemerintah…… salut!

    • Terimakasih banyak pak Epi Supriyatna yang mengunjungi acara coffee morning bersama-sama pak Edi Suhardiman, atas tambahan info dan beritanya…….. Semoga semua harapan dapat terwujud. Ayo, semangat para Penyuluh!

  3. Kunjungan Kerja Wamentan RI beserta Rombongan dan Tim Leader FEATI ke Kabupaten Serang dan Perhatian yang penuh dari Bupati Serang Bapak H. Ahmad Taufik Nuriman beserta Pejabat Pemkab Serang dan Bapak Kepala Distanak Provinsi Banten Bapak Agus Tauchid memberikan makna yang sangat berarti bagi Kebangkitan Penyuluh dan Penyuluhan. Semoga usulan, masukan, dan harapan yang disampaikan saat dialog pada Kunjungan Kerja yang penuh makna itu dapat diwujudkan ….Aamiien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s