Internet vs Penyuluh

Tidak hanya dominasi orang kota, para petani di desapun kini sangat dekat dengan internet. Misalnya kelompok-kelompok tani UP-FMA Kecamatan Ciruas dan Mancak Kabupaten Serang yang sudah memiliki blog sendiri, dan sudah “buka-tutup” website-website dari Deptan seperti e-petani dan cyber extension.

Cyber extension adalah penyediaan informasi dengan menggunakan media on-line yang dilakukan oleh Kementrian Pertanian. Layanan informasi yang semula diberi nama http://www.cyberextension.web.id telah direvisi menjadi http://cybex.deptan.go.id. Revisi tersebut tentunya bukan hanya bertujuan agar layanan tersebut mudah diingat, tapi justru memberi ruang gerak yang lebih leluasa terhadap program cyber extension yang digagas oleh Kementrian Pertanian. Cyber extension tidak lagi dimaknai sebagai nama sebuah website, tapi lebih difahami sebagai suatu program terobosan dalam penyediaan informasi pertanian melalui media on-line dan http://cybex.deptan.go.id menjadi salah satu bagian penting dari cyber extension.

Perkembangan teknologi informasi dan multimedia begitu cepat sehingga menuntut peningkatan kualitas sumber daya tenaga penyuluh. Penyuluh pertanian dituntut untuk memahami teknologi informasi dan komunikasi selain dari ilmu-ilmu mengenai pertanian. Oleh karena itu, ilmu mengenai teknologi informasi dan multimedia sangat dibutuhkan.

Metode pembelajaran melalui media web merupakan salah satu pembelajaran yang sistematik dan berbasis teknologi komputer (internet). Dengan internet, kita dapat mengakses informasi, data, perkembangan pertanian di Indonesia bahkan di negara lain. Informasi tersebut dapat dijadikan referensi untuk menemukan inovasi-inovasi yang dapat membangun pertanian di Indonesia.

Penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian seyogyanya mampu menjembatani  antara layanan informasi melalui media on-line yang dikembangkan oleh kementrian pertanian dengan petani sebagai pengguna teknologi, dengan demikian kehadiran Cybec.go.id, semestinya disikapi sebagai tantangan baru bagi penyuluh pertanian untuk menguasai keterampilan computer dan  memanfaatkan internet. Sangat ironis apabila sampai terjadi pelaku utama dan pelaku usaha sebagai sasaran penyuluhan sudah memanfaatkan dan bahkan mengelola layanan on-line, sedangkan  penyuluh pertaniannya masih asing dengan dunia internet.

Menjadi penyuluh yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sehingga dapat memberikan solusi serta pembaharuan kepada masyarakat pedesaan, mungkin adalah salah satu cita-cita dan suara korsa Penyuluh saat ini. Ayo tunggu apa lagi, mulai hari ini mari kita mulai mengenal dan akrab dengan Internet. Semangat!

by:Retno-Serang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s