Sudahkah Saya Bekerja dengan Optimal?

Sudahkan Saya Bekerja dengan Optimal?

Setiap individu seharusnya tiap hari mempertanyakan pada dirinya masing-masing  “Sudahkah Saya Bekerja dengan Optimal?”. Mengapa saya harus bekerja dengan optimal?, padahal kerja saya tidak dihargai, gaji kecil , fasilitas minim dan saya stress saat bekerja.

Nasehat seorang bijak mengatakan “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, bila hari ini sama saja dengan hari kemarin, bahkan lebih mundur lagi, maka merugilah manusia”.Jika kita bisa menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka sungguh kita menjadi orang yang beruntung, namun jika seandainya kita menjalani hari ini setara dengan hari kemarin maka merugilah kita. Apalagi seandainya hari ini, sikap kita, perilaku kita, karya kita atau cara berpikir kita lebih buruk dari hari kemarin, maka kita termasuk orang yang bangkrut/pailit.

Mengapa harus bekerja dengan optimal?, ya harus, karena kita masih menerima gaji sebagai hak kita, kewajiban kita adalah bekerja dengan optimal. Jangan sampai karena berbagai alasan, kita jadi bekerja asal-asalan atau malas-malasan sehingga tidak menghasilkan apa-apa, akhirnya kita cenderung menjadi  orang yang hanya menuntut hak tapi tidak menjalankan kewajiban. Selama  kita masih menerima gaji dari Pemerintah, kita wajib bekerja dengan optimal.

Tidakkah kita membayangkan, bila kita menjadi baik setiap hari, dan optimal dalam bekerja. Tentu pencapaian kita akan semakin baik juga dari hari ke hari.

Selama ini, barangkali kita cenderung menggunakan jumlah uang dan harta kekayaan serta kesuksesan karir untuk menjadikan keoptimalan kita dalam bekerja, hari ini cobalah kita menembus batas non-material yang berhubungan dengan pengetahuan, ketrampilan, keahlian, sikap dan perilaku kita, sudahkan kita kelola dengan seoptimal mungkin?. Sudahkah hari ini pengetahuan kita lebih baik dari hari kemarin, sehingga optimal, sudahkah kita siap untuk terus belajar tiada henti?, tidak pernah bosan untuk menambah pengetahuan setiap hari?. Sudahkan kita mengoptimalkan sikap dan perilaku kita dari hari ke hari, sehingga sikap dan perilaku baik kita menjadikan kita lebih mudah menerima pengetahuan, lebih mudah menangani hal-hal baru yang membutuhkan ketrampilan, serta lebih ringan melangkah untuk menambah keahlian?.

Seharusnya kita semakin menyadari bahwa bila kita berpikiran positif, perilaku kita positif akan mendatangkan keoptimalan dan makna kebaikan dalam segala hal. Aspek non –material tadi barangkali hanya menyentuh makna keduniawian kita, namun bagi kita yang meyakini bahwa selain dunia juga ada akhirat, dan seringkali berdoa “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebahagiaan dunia dan akhirat”, maka dalam segala bentuk keoptimalan sikap kita didunia, kebaikan-kebaikan yang kita dapatkan di dunia akan diaminkan juga untuk kebaikan-kebaikan kita di akhirat, yang lebih penting urgensinya.

Jadi, tunggu apa lagi, hari ini mulailah segera bekerja dengan optimal, agar kita mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Amin ya Allah …..

6 responses to “Sudahkah Saya Bekerja dengan Optimal?

  1. Ya, keoptimalan kita dalam bekerja tidak terlepas dari komitmen dan integritas kita sendiri. Diharapakan komitmen kita dalam bekerja harus jelas, ajeg dan konsisten. kita bekerja tidak hanya ingin dilihat atasan, malu kepada atasan atau karena karena pamrih.
    Begitu juga kita bekerja harus menunjukkan kesungguhan, yang nyata-nyata ada hasil dan manfaat. Kita datang ke tempat kerja tidak hanya sekedar hadir tapi dapat menujukkan hasil kerja kita bahkan prestasi kerja kita.
    jangan kita hadir yang mubadir apalagi hadir hanya “ngadahdir, tapi kita hadir yang berhasil.
    Jadi, mari kita kerja ‘keras, kerja ‘ikhlas dan kerja ‘cerdas….semoga ! ( ESA-ciper.pam )

  2. kerja optimal bahkan maksimal merupakan ajaran yang telah disampaikan oleh junjunan kita 14 abad yg lalu, tapi memang untuk kerja keras, kerja cerdas dan kerja ihlas sang penggoda ulung slalu menghadangnya, kalau kita tdk punya pondasi yg kuat selalu terbawa arus, kuncinya adalah iman dan taqwa Insya Allah….

    POSTED BY EDI SUHARDIMAN

  3. Insya Allah kami akan selalu bekerja optimal dan profesional, kami yakin menanam kebaikan akan menuai kebaikan …..kita akan memetik hasil dari apa yang kita tanam ………SUKSES UNTUK PENYULUH …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s